Get Connection

Header Ads

Manfaat Traveling Yang Sedikit Orang Tahu


Manfaat Traveling


Kata traveling memang identing dengan melakukan perjalan untuk menyegarkan suasana hati dan pikiran. Karena salah satu manfaat traveling adalah efek relaksasi menyegarkan bagi sapa saja yang melakukanya. Tidak heran jika banyak sekali orang-orang yang ingin melakukan kegiatan ini. Apa lagi di era yang kemudahan serta kecepatan seperti sekarang. Dimana hal itu menuntut individu manusia menjadi super sibuk karena tuntutan pekerjaan yang harus dapat diselesaikan dengan cepat.

Karena Kemajuan teknologi juga menciptakan persaingan sangat ketat dalam dunia pekerjaan dan bisnis. Tentu saja itu berakibat dari tikat stress yang terus menumpuk pada setiap individu. Maka traveling salah satu cara agar stess dapat dilepaskan. Kegiatan traveling tentu saja sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan. Biasanya hal ini dinantikan diliburan usai melakukan kegiatan bekerja yang sangat menguras tenaga dan pikiran.

Traveling selain menyenangkan juga memberikan manfaat positif lainya yang sedikit sekali irang tahu. Roger Dow yang merupakan CEO dari Asosiasi Travel US pernah menulis dalam jurnal  Ilmiahnya yang di beri Judul Travel Effect: A Call to Lead, A Means to Do So . Kurang lebih terdapat 6 manfaat yang dapat membuat traveling perlu untuk dilakukan.


Menambah Wawasan Baru

Manfaat Traveling


Kamu dapat menambah wawasan baru ketika melakukan traveling.Karena ketika kamu pergi kesuatau tempat yang baru. Tentu saja kamu akan mendapatkan sesuatu yang baru dari tempat tersebut. Seperti ketika kamu pergi kesebuah pedesaan, disana kamu dapat berlajar mengenai berbagai macam budaya desa. Atau ketika kamu memilih traveling di tempat seperti pantai. Kamu juga dapat mengenal berbagai macam biota laut yang mungkin sebelumnya tidak kamu tahu.
Atau Jika kamu lebih tertarik melakukan pendakian gunung. Maka dapat dipastikan kamu akan belajar mengenai letak geografi gunung tersebut. Dan jika kamu pergi ke museum. Kamu juga bisa belajar berbagai macam sejarah disana. Tidak perlu diragukan lagi salah satu manfaat traveling memang menambah wawasan baru untuk kamu.

Mengurangi Stress

Manfaat Traveling


Menurut penelitian yang dilakukan oleh Global Commission on Aging, Transamerica Center for Retirement and the Us Travel Association. Mengatakan 9 dari 10 orang menunjukan bahwa level stress mereka menurun hanya dengan melakukan satu atau dua kali berlibur ke suatu tempat. Kita tahu memang stress merupakan biyang dari segala macam penyakit. Jadi jargon kurang piknik memang tampak agaknya memang sesuai di tunjukan ke orang yang terlalu stress karena pekerjaan dan membutuhkan piknik.

Contoh lain dalam penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 terhadap 3.500 koresponden traveler. Menunjukan manfaat traveling yaitu mereka jadi lebih bahagia ketika sering melakukan perjalanan. Dengan traveling kamu dapat merasakan udara segar, gremicik air pantai, Segarnya air pegunungan, Sunset atau pun sunshine.

Dan suasana-suasana baru menyegarkan yang kamu rasakan akan membuat otak kamu lebih fress. Dengan otak yang fress kamu dapat mencapai tingkat kepuasan dan juga kebahagian. Dan dengan rasa bahagia tentu membuat imunitas tubuh naik drastis.

Mengurangi Resiko Terserang Penyakit/Sakit

Manfaat Traveling

Manfaat traveling lainya adala kamu akan mengalami pengurangan resiko untuk sakit. Penelitian yang dilakukan terhadap kurang lebih 12.000 koresponden laki-laki dengan resiko tinggi terhadap penyakit jantung. Orang yang gemar bertraveling cenderung memiliki resiko penyakit sroke dan jantung yang rendah. Jurnal yang di tulis oleh Dow juga menyebutkan bahwa traveling bisa mengurangi resiko jantung coroner.

Memiliki Jiwa Kepimpinan Tinggi

Manfaat Traveling


Ketika kamu melakukan perjalanan dalam berlibur atau sering disebut dengan traveling. Kamu akan belajar yang namanya control diri sehingga ini akan menimbulkan jiwa kepemimpinan dalam dirikamu. Dow juga berpendapat bahwa leadership dan travel adalah suatu hal yang saling melengkapi satu samalain. Peranan traveling memang pada dasarnya sangat berpengaruh terhadap upaya agar tubuh kita tetap sehat.

Selain tubuh secara fisik dan mental dan emosional juga akan meningkat kesehatanya jika kita sering melakukan traveling. Menurut Dow ketiga hal ini akan mempengaruhi kita untuk membangun dunia menjadi lebih baik lagi.

Memberikan Pengalaman Baru Yang Berkesan

Manfaat Traveling


Ketika kamu bertraveling kamu akan mengunjungi sebuat tempat yang baru dari tempat yang biasanya kamu berada. Kamu akan melakukan proses penjelajahan dan pengenalan terhadap tempat baru tersebut. Kamu dapat melakukan berbagai macam kegiatan. Mulai dari berselancar ketika ke pantai, Berkemah di alam ketika mendaki gunung, hingga menyantap berbagai macam kuliner yang di jual ditempat baru.

Dengan berbagai hal yang dapat kamu lakukan tentu akan membuat pengalaman yang berkesan buat kamu bukan. Seperti pengalamn memakan kuliner yang mungkin saja belum pernah kamu coba sebelumnya.

Bertemu Orang Baru

Manfaat Traveling


Ketika kamu bertraveling tentu saja kamu akan bertemu dengan berbagai macam orang-orang yang melakukan hal sama denganmu. Dengan bertemu orang baru tentu kamu akan menabah jaringan yang bisa bermanfaat untuk kamu kedepanya. Apalagi setiap orang baru yang kamu temui saat bertraveling datang dari berbagai latar belakang yang berbeda-beda.

Bukankah dengan luasnya jaringan membuat kamu memiliki berbagai macam opsi kedepanya. Bisa jadi orang yang baru kamu kenal dapat menjadi rekan bisnis kamu kedepanya. Atau kamu dapat belajar hal baru dari mereka.

Mempererat Ikatan Persaudaraan

Manfaat Traveling


Manfaat Traveling lainya adalah, kamu dapat meningkatkan atau mempererat persaudaraan kamu terhadap keluarga yang kamu ajak bertravelin, teman, ataupun orang yang baru saja kamu temui.
Dow juga menulis dalam jurnalnya bahwa bertraveling bersama keluarga dapat meningkatkan kekompakan keluarga, meningkatkan komunikasi antar anggota keluarga, dan meningkatkan hubungan antar keluarga.

Anak-anak muda lebih cenderung tidak suka jika harus melakukan traveling bersama keluarga. Padahal penelitian menunjukan bahwa lebih dari setengah remaja yang mereka libatkan dalam survey merasakan adanya kedekatan dan kekuatan hubungan yang terjalin dan terbangun setelah mereka ikut dalam traveling bersama keluarga.  93% remaja dapat mendeskripsikan bawa melakukan perjalanan atau traveling bersama keluarga merupakan sarana untuk quality time bersama.

Nah itu tadi beberapa manfaat traveling yang dapat kamu gunakan sebagai acuan untuk mempertimbagkan liburan bersama keluarga. Sempatkanlah di kesibukanmu dalam mencari nafkah untuk segera mencari waktu libur dan bertraveling bersama orang-orang terdekatmu.
Karena jika mengikuti tuntuan pekerjaan kapan lagi kamu akan mendapatkan quality time bersama keluargamu. Traveling adalah saran yang sangat efektif untuk kamu dan keluarga mendapatkan quality time baik dalam perjalanan ataupun dalam kegiatan bertraveling.